Gubernur Ingin Papua Jadi Daerah Paling Aman Saat Pemilu 2019

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan optimis jika provinsi pimpinannya ini akan menjadi daerah paling aman pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

“Pusat memprediksi, bahkan sudah menetap Papua Barat sebagai daerah rawan satu (Pemilu). Mari kita buktikan bahwa prediksi itu salah, dari rawan satu harus kita ubah menjadi aman satu,” ujar Dominggus pada Dialog Kebangsaan dan Kerukunan Umat Beragama di Manokwari, seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, hal ini sudah dibuktikan pada Pilkada 2016 lalu, dimana, Papua Barat yang saat itu masuk dalam daftar rawan satu, berubah 100 persen menjadi aman satu.

Dominggus menilai, peran seluruh elemen sangat dibutuhkan, termasuk para pemuka agama baik Protestan, Katolik, Islam, Hindu, dan Budha.

Aparat Kepolisian dan TNI, kata dia, serta penyelenggara Pemilu pun sudah berusaha maksimal mewujudkan Pemilu Damai.

“Kita juga minta peran partai politik, harus ciptakan kondisi Papua Barat yang kondusif. Jauhi isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Papua Barat harus aman agar pembangunan berjalan lancar,” ucapnya.

Dia mengatakan, Papua Barat masuk dalam daftar 10 besar daerah paling aman di Indonesia. Begitu pula Indonesia, kata Dominggus, masuk dalam daftar sepuluh besar negara teraman di dunia, sehingga ia berharap hal ini ditingkatkan.

“Situasi menjelang pemilu biasa dihiasi dengan dengan berbagai isu yang mengarah pada sikap saling membenci antara kelompok. Saya berharap itu tidak terjadi di Papua Barat apalagi kalau menyangkut isu-isu agama,” jelas Dominggus.

 

sumber : klik disini

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *