Pariwisata Papua Barat sumber potensial peningkatan ekonomi

Pariwisata di wilayah Provinsi Papua Barat diyakini sebagai sumber potensial yang dapat dioptimalkan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

“Begitu pula di wilayah Provinsi Papua. Banyak ‘spot-spot’ atau titik yang selama ini belum dioptimalkan pemanfaatanya. Ini bisa dikembangkan untuk memacu perekonomian,” kata Bustar Maytar, salah satu anggota tim percepatan pelaksanaan International Conference on Bioversity, Ecotourism and Creative Economy di Manokwari, Rabu (1/8).

Ia menyebutkan, pengembangan ekowisata dan ekonomi kreatif merupakan bagian dari konsep pembangunan berkelanjutan yang saat ini digagas Pemprov Papua dan Papua Barat. Di mana, pada konferensi internasional yang akan digelar di Manokwari pada Oktober 2018, dua sektor ini akan menjadi pembahasan serius.

Meski demikian, persentase kemiskinan, baik di Papua maupun Papua Barat masih cukup tinggi. Bahkan secara nasional dua daerah ini menduduki ranking pertama dan kedua sebagai provinsi dengan prosentase kemiskinan tertinggi. “Optimalisasi pemanfaatkan sumber daya alam melalui jasa pariwisata, bisa menjadi solusi. Pemerintah daerah harus lebih serius,” katanya lagi.

Menurutnya, pariwisata Papua Barat bukan hanya Raja Ampat. Daerah lain juga terdapat kawasan wisata yang tak kalah indah, seperti Pegunungan Arfak, Kaimana, Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang juga bisa diseriusi untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

“Semakin banyak alternatif wisata yang bisa dikunjungi di Papua Barat semakin bagus. Daya tarikya akan sangat kuat,” tandasnya, dikutip Antara.

 

sumber : https://elshinta.com/news/151981/1970/01/01/pariwisata-papua-barat-sumber-potensial-peningkatan-ekonomi

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *