TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

MAGISTER KEUANGAN DAERAH (MKD) UNIVERSITAS CENDERAWASIH

TUJUAN PROGRAM STUDI


Pembukaan Program Studi Magister Keuangan Daerah di lingkungan Universitas Cenderawasih  bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan menguasai kompetensi keilmuan dalam bidang keuangan:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuan dalam bidang managemen keuangan daerah, sesuai dengan perkembangan ilmu dan tuntutan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemeritahan.
  2. Meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam pengembangan pengetahuan melalui proses pengajaran dan sistem yang terintegrasi dan kolaboratif.
  3. Tercapainya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan teoritik dan kompetensi kerja sehingga mampu mengenali dan mendesain alternatif pemecahan dan merumuskan kebijakan masalah keuangan daerah.
  4. meningkatkan dan mengembangkan metode alternatif dalam penyelesain masalah pengelolan keuangan daerah melalu pendekatan ilmiah.
  5. Mengembangkan penelitian yang nmengacu kepada prinsip dan asas pengelolaan keuangan daerah yang memperhatikan Good Governance, dan New Public Management.
  6. Meningkatkan kapasitas dalam pengembangan pengetahuan melalui penelitian yang bermutu dan peningkatan publikasi ilmiah yang bermanfaatan bagi pembangunan daerah.
  7. Mengembangkan kolaborasi dengan pemerintah dan lembaga lain dalam dan luar negeri  dalam memajukan pengelolaan keuangan daerah.

SASARAN PROGRAM STUDI


Sehubungan dengan tujuan ini maka, sasaran yang akan dicapai dalam jangka pendek adalah: menyusunan dokumen perencanaan yang terkait dengan, (1) kebutuhan Pengembangan SDM, (2) kebutuhan sarana dan prasarana, (3) kebutuhan rencana dan pelaksanaan evaluasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  (4) kebutuhan pengembangan kurikulum, bahan ajar dan perpustakaan serta laboratorium, dan peningkatan kualitas mahasiswa; (5) Mengevaluasi dokumen perencanaan bersama pimpinan; (6) Menidaklanjuti rencana melalui berbagai lobbying dan pendekatan serta pembentukan kemitraan dengan berbagai institusi yang dapat membantu dana, SDM, dan berbagai sumber daya lain sebagai masukan.

Selanjutnya sasaran jangka panjang yang ingin dicapai Program Program MKD yaitu berperan serta dalam pembangunan daerah melalui pengembangan dan penyebarluasan prinsip dan etika pengelolaan keuangan daerah yang baik; dengan demikian Program MKD perlu menempatkan diri sebagai mitra pemerintah daerah dalam penembangan kualitas SDM untuk memerangi korupsi dan berbagai bentuk penyalahgunaan keuangan daerah.

Untuk mencapai sasaran tersebut Program MKD merencanakan langkah-langkah strategis berikut: Lulusan Program MKD diharapkan memiliki kualifikasi sebagai berikut : 1)  Menguasai teori dan regulasi yang rilevan dengan keuangan daerah;  2)     Menguasai metode dan teknik untuk pengembangan ilmu   pengetahuan yang terkait dengan keuangan daerah; 3) Mampu Mengevaluasi dan Merumuskan Kebijakan Keuangan di Daerah. Memiliki kompetensi dalam bidang perencanaan dan penganggaran, akuntansi dan pemeriksaan keuangan di lingkungan pemerintah daerah, pengelolaan aset daerah.

Sasaran yang ingin di capai adalah:

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teori dan kompetensi profesional dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, perencanaan dan penganggaran, akuntansi keuangan pemerintahan daerah, pengelolaan aset daerah dalam kurun waktu 4 semester dengan IPK 3,50.
  • Menghasilkan penelitian bagi dosen minimal 3 setiap tahun yang bersiafat aplikatif yang dapat digunakan untuk pengembangan pengelolaan keuangan daerah.
  • Terselenggaranya kegiatan publikasi ilmiah bagi mahasiswa dan dosen, terutama bagi dosen minimal 1 jurnal setiap tahun
  • Terlaksanannya kerjasama dengan pemerintah dan lembaga lainnya minimal 3 dalam satu tahun serta dalam merumuskan kebijakan dan menyelesaikan masalah pengelolaan keuangan daerah di Papua
  • Berperan serta dalam memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan daerah melalui aktivitas pengabdian pada masyarakat oleh dosen, sekurang-kurangnya 2 setiap tahun.
  • Terselenggaranya kerjasama dengan PT lain dan instansi terkait minimal 2 setiap tahunnya.

STRATEGI PROGRAM STUDI


Stategi yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah:

A. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara:

  1. Menyelenggaran pembelajaran dengan mengimplementasikan sistim penjamin mutu
  2. Menyelenggaraan pemutahira kurikulum sesui dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebijakan pengelolaan keuangan daerah
  3. Penyediaan sarana dan prasarana akademik yang berbasis IT
  4. Pengembangan admosfir akademik yang kompetitif dan patnersip
  5. Pengembangan akademik yang partisipatif

B. Mengembangkan sumber daya manusia melalui :

  1. Setudi lanjut bagi tenaga pendidik dan kependidikan
  2. Pelatihan professional soft skill dalam bidang keuangan bagi tenaga pendidik dan kependidikan.
  3. Keikutsertaan dalam magang, lokakarya untuk meningkatakan wawasan dan kualitas keilmuan.

C. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian:

  1. Menambah jumlah penelitian dosen dan mahasiswa
  2. Melakukan pelatihan menulis proposal penelitian
  3. Pelatihan penyusunan jurnal
  4. Publikasi hasil penelitian melalui jurnal bereputasi
  5. Menambah jumlah alokasi dana penelitian
  6. Reward pada dosen yang mempublikasikan artikel pada jurnal bereputasi.
  7. Pemberian dukungan bagi dosen untuk mengikuti pengikutsertaan program-program hibah mandiri dan kompetisi penelitian dan juga program puplikasi ilmiah.
  8. Penyelenggaraan kegitan pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi para dosen.

D. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dalam bidang pengabdian kepada masyarakat melalui:

  1. Pelatihan dosen dan mahasiswa dalam menulis proposal pengabdian.
  2. Penambahan jumlah alokasi dana pengabdian
  3. Pengikutsertaan dosen dalam program-program hibah mandiri dan kompetisi pengabdian.
  4. Meningkatkan kualitas pengabdian bagi masyarakat yang dapat dimanfaatkan langsung

E. Mengembangkan kerjasama dengan instansi lokal, regional, nasional dan internasional melalui:

  1. Peningkatan kerja sama dengan instansi pemerintah dan perguruan tinggi lain dan lembaga donor
  2. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil kerjasama
  3. Peningkatan akuntabilitas program, kegiatan dan keuangan melalui transparansi pelaporan.

 

Share This Post