VISI DAN MISI


VISI UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Menjadi Universitas yang Unggul, Berkarakter Budaya dan Berwawasan Lingkungan.

Guna mewujudkan visi, dikembangkan misi Uncen, yang dimaknai sebagai kerangka dasar bagi perumusan arah kebijakan, strategi dan program pengembangan sosio budaya masyarakat dan pengelolaan sumberdaya alam yang berdayasaing. Adapun jabaran visi ke dalam misi adalah sebagai berikut:

MISI UNIVERSITAS CENDERAWASIH

  1. Menghasilkan peserta didik cerdas dan kompetitif yang berwawasan budaya dan lingkungan.
  2. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni berbasis lingkungan.
  3. Meningkatkan peran sebagai agen pembaharuan bagi kemajuan masyarakat Papua.
  4. Mengembangkan kelembagaan sesuai kebutuhan pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

VISI PASCASARJANA UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih menjadi pengemban mutu sumberdaya manusia yang unggul dan berkarakter akademis, serta berwawasan budaya dan lingkungan.

Rumusan Visi Pascasarjana dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pengemban mutu sumberdaya manusia

Pengemban Sumber daya manusia sendiri adalah seluruh kemampuan atau potensi diri yang dimiliki oleh individu berkarakter yang bermanfaat bagi keperluan pembangunan lebih khusus di Tanah Papua. Mutu sumber daya manusia berarti berkaitan erat dengan segala potensi atau kemampuan yang terbentuk melalui pendidikan. Potensi manusia menyangkut dua aspek yaitu aspek kuantitas dan kualitas.

Potensi manusia yang nantinya ditunjukkan dalam aspek yang salah satunya adalah kualitas, hanya dapat dicapai dengan adanya pengembangan sumber daya manusia. Hal tersebut diperlukan karena sumber daya manusia merupakan faktor yang paling mempengaruhi kehidupan. Kemampuan manusia untuk mempengaruhi alamnya menunjukkan bahwa posisi SDM sangat sentral adanya.

Oleh karena itu, sumber daya manusia yang ada hendaklah dikembangkan sedemikian rupa guna mencapai kesejahteraan. Pengembangan SDM ini amat diperlukan karena memiliki aspek yang penting bagi peningkatan produktivitas SDM dan juga memiliki tujuan-tujuan terntentu yang pastinya harus dicapai demi kemajuan pembangunan.

Unggul, dimaknai sebagai efek dari proses tata penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi dan realisasi peningkatan nilai dari potensi daerah Papua sehingga menjadi produk dan jasa akademis yang memiliki keutamaan, profesional, kompetitif dan berdaya saing

Keutamaan :

  • Menghasilakan insan akademis yang cerdas yang memiliki integritas moral berbasis budaya.
  • Menghasilkan sumber daya manusia yang utuh, dicitrakan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi.

Profesional :

  • Mamapu mengembangkan ipteks untuk kesejahteraan
  • Mampu memberikan solusi bagi pembangunan di Papua
  • Mamapu mengembangkan ilmu pengetahuan pada masyarakat dan berperan aktif dalam pembangunan
  • Menghasilkan layanan yang mampu meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat

Berdaya Saing :

Menghasilkan sumber daya manusia dan ipteks yang bermutu, sehingga memiliki keunggulan kompetitif dalam konteks nasional dan internasional

Berkarakter akademis :

Menciptakan kondisi kehidupan akademis yang respek dan memiliki kepedulian terhadap pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Berwawasan budaya :

Dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dicirikan oleh kepribadian individu dan kolegial atas prinsip solidaritas yang kuat dan bermartabat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan.

Berwawasan Lingkungan :

Dimaknakan sebagai wujud responsivitas terhadap lingkungan sekitar yang mencitrakan derajat kepedulian dalam pengelolaan sumberdaya alam Papua secara efektif dan efisien untuk memajukan masyarakat dan bangsa.

MISI PASCASARJANA UNIVERSITAS CENDERAWASIH

  1. Menyiapkan dan membentuk sumberdaya manusia yang berkemampuan akademik dan atau profesional, unggul, kompetitif dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
  2. Menciptakan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni serta memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk kesejahteraan rakyat.
  3. Mengembangkan jaringan partnership dalam rangka penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

VISI MAGISTER KEUANGAN DAERAH (MKD) UNIVERSITAS CENDERAWASIH

VISI PROGRAM STUDI


Menjadi program studi yang unggul dan profesional dalam bidang pengelolaan keuangan daerah berkearifan budaya dan berwawasan lingkungan pada tahun 2020.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penyebarluasan ilmu bidang pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas dan menjunjung tinggi etika akademik.
  2. Mengembangkan kapasitas kepakaran melalui penelitian menyebarluaskan karya ilmiah, serta menjadi rujukan ilmu bidang pengelolaan keuangan daerah berbasis pada kearifan lokal di wilayah Papua.
  3. Mengembangkan kolaborasi dengan lembaga profesional di tingkat lokal, regional, nasional dan Internasional.
Share This Post