Triwulan III 2018, Pertumbuhan Ekonomi Papua 6,76 Persen

Kepala Bidang Nerwilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Eko Mardiana mengatakan, periode triwulan III 2018, ekonomi Papua mengalami pertumbuhan sebesar 6,76 persen dibanding triwulan III 2017 (y-on-y).

Pertumbuhan itu didukung semua lapangan usaha. Namunpertumbuhan itu melambat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh 24,90 persen di triwulan II 2018.

Sedangkan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha jasa lainnya sebesar 9,53 persen, diikuti pertambangan dan penggalian yang tumbuh sebesar 9,63 persen, dan jasa perusahaan yang tumbuh sebesar 7,99 persen.

“Pertumbuhan yang besar pada lapangan usaha jasa lainnya ini terutama disebabkan meningkatnya pendapatan usaha yang berkaitan dengan kegiatan hiburan dan rekreasi,” ujar Mardiana, Senin, 5 November 2018.

Menurut Mardiana, bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Papua triwulan III tahun 2018 (y-on-y), lapangan usaha pertambangan dan penggalihan memiliki sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 4,26 persen, diikuti lapangan usaha konstruksi sebesar 0,55 persen.

“Lapangan usaha pertambangan dan penggalian, konstruksi dan pertanian, kehutanan dan perikanan, administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib masih mendominasi PDRB Papua,” tambah Mardiana.

“Ekonomi Papua sampai triwulan III-2018 dibanding ekonomi sampai triwulan III-2017 (c-to-c) masih tumbuh tinggi, yaitu18,34 persen dan pertumbuhan ini terjadi pada semua lapangan usaha,” jelas Mardiana.
sumber : klik disini
Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *