Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

DPRD dan Pemda Mimika Bahas Masalah Keuangan Daerah

DPRD dan Pemda Mimika Bahas Masalah Keuangan Daerah

Badan anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemda (TPAD) Mimika,  Senin (20/8) melakukan pertemuan membahas masalah1 keuangan daerah dan kemajuan perkembangan pembangunan di 2018.

Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom mengatakan, sesuai informasi yang ia dapat bahwa keuangan daerah saat ini kosong. Untuk itu, DPRD dan5 badan anggaran melakukan pertemuan untuk menyamakan persepsi guna mencari solusi, apabila ada kendala yang terjadi di keuangan daerah.

“Karena ini membahas keuangan daerah, maka ketua tim anggaran Sekda Mimika, Bappeda, BKAD dan Dispenda kami hadirkan ke sini untuk menjelaskan masalah keuangan daerah dan bagaimana masalah hutang daerah,” kata Elminus Mom.

Sementara Anggota Komisi B DPRD Mimika, Viktor Kabey menuturkan,  DPRD Mimika berhak memanggil pemerintah daerah untuk melakukan rapat kerja maupun rapat koordinasi.

Kata dia, saat ini yang  dipanggil adalah Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dengan Cq (dalam hal ini) TPAD. Karena rapat koordinasi ini menyangkut masalah anggaran, mulai dari LKPJ, APBD Perubahan, sampai kepada pelaksanaan anggaran di tahun berjalan.

“Kita mau klarifikasi terhadap anggaran-anggaran yang sudah ditetapkan dalam APBD, khususnya tahun anggaran 2018. Dimana, dari informasi yang ada bahwa adanya anggaran yang sudah ditetapkan dalam APBD 2018, tetapi tidak atau belum dibayarkan, misalnya pembayaran insentif honor guru,”jelasnya.

Ia menambahkan, rapat antara Badan Anggaran DPRD dan TPAD Mimika sangatlah penting, karena setiap perencanaan dan penetapan APBD sering mendapat teguran dari Pemprov Papua.

“Intinya, pertemuan tersebut membahas masalah anggaran. Dengan pertemuan ini diharapkan ada perbaikan kedepannya,” tuturnya.

Pada pertemuan antara Badan Anggaran DPRD dan TPAD Mimika dihadiri oleh separuh lebih anggota DPRD Mimika. Sementara dari TPAD hadir, Sekda Mimika Ausilius You, Kepala Bappeda, Sekretaris Dispenda, dan perwakilan Bagian Hukum Setda Mimika. Karena, dari BKAD belum datang, maka pertemuan ditunda pada Selasa (21/8).

sumber : klik disini