Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Harga daging ayam dan sapi di Timika stabil

Harga daging ayam dan sapi di Timika stabil

Harga daging ayam beku dan daging sapi kiloan di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, relatif stabil kendati telah memasuki pekan pertama Ramadhan 2018.

“Belum naik, harganya masih sama seperti sebelum Ramadhan,” kata Bayu, pedagang daging ayam beku dan daging sapi kiloan, di Timika, Selasa.

Harga ayam beku, Rp35 ribu sampai Rp38 ribu per kilogram, sesuai ukuran.

Sementara harga daging sapi masih di kisaran Rp110 ribu per kilogram.

Tingkat permintaan warga menurut Bayu tidak berubah signifikan. Transaksi beberapa hari di Ramadhan tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

“Hari pertama Ramadhan saja yang permintaannya naik, setelah itu kembali normal,” kata Bayu.

Bayu menilai, harga dua jenis komoditi tersebut akan melonjak naik saat mendekati hari raya Idul Fitri seperti pada 2017. Di saat seperti itu, permintaan warga naik signifikan sementara stok di pasar cenderung tak bertambah.

“Stok biasanya kosong, jadi bos kasih naik,” ujarnya.

Disperindag Kabupaten Mimika sedang menyusun daftar harga standar barang. Daftar tersebut akan menjadi patokan harga para pedagang.

Selain itu, pemerintah biasanya menggelar pasar murah setiap jelang hari raya untuk menstabilkah harga kebutuhan pokok di pasaran.

Program tersebut sangat membantu warga mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibanding harga pasaran. (*)

sumber : klik disini