Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Peluncuran "The Journal of Cotemporary Papuan Studies (JCPs)"

Peluncuran “The Journal of Cotemporary Papuan Studies (JCPs)”

Melakukan publikasi sebuah karya ilmiah adalah agenda penting bagi para akademisi dan peneliti bukan hanya sebagai prasyarat semata tetapi hal tersebut juga dilakukan untuk masa depan bangsa Indonesia. Kini semakin banyak journal yang diterbitkan tidak hanya dalam bentuk print atau cetak tetapi sudah pada memasuki e-journal dimana bisa langsung diakui secara nasional dan internasional.

Penerbitan jurnal ilmiah sangat penting untuk publikasi hasil penelitian kepada komunitas peneliti pada bidangnya di seluruh dunia. Semakin banyak pembaca, maka sitasi atas artikel yang dihasilkan dalam jurnal ilmiah akan semakin tinggi. Penerbitan jurnal secara cetak memerlukan waktu panjang dalam proses penyuntingan, penelaahan dan paling utama adalah mahal nya biaya pencetakan yang mengakibatkan terbatasnya distribusi jurnal ilmiah. Untuk mempercepat proses pengiriman naskah submission, penyuntingan (editing) dan penelaahan (review) maka jurnal perlu diterbitkan dalam bentuk online. Perubahan paradigma penerbitan jurnal dari cetak menjadi online harus dipersiapkan dengan baik khususnya dari sisi tata kelola (manajemen), sehingga jurnal yang diterbitkan sesuai dengan standar penerbitan jurnal secara online baik nasional maupun internasional.

Universtias Cenderawasih Papua menyadari akan pentingnya hal tersebut, maka dalam waktu dekat ini akan di luncurkan “The Journal of Cotemporary Papuan Studies (JCPs)” yang bereputasi Internasional. Mengawali peluncuran tersebut akan terlebih dahlu dilakukan seminar “The Second (2nd) International Conference on Social Science, Sustainable Development and Biodiversity of Papua (ICSBP) 2017“.

Semoga dengan diluncurkannya JCPs akan memberikan dampak yang positif kepada akademisi yang ada di lingkungan Universitas Cenderawasih dan di seluruh Papua.