Magister Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih

Pemerintah Tingkatkan SDM Pengelola Keuangan Daerah di Maluku dan Papua

Pemerintah Tingkatkan SDM Pengelola Keuangan Daerah di Maluku dan Papua

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, pada tahun 2018 akan meningkatkan alokasi dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Maluku dan Papua sebesar Rp84,19 triliun.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo mengatakan, dengan alokasi dana yang sebesar itu, menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan daerah.

“Jadi memang diperlukan kapasitas SDM yang memadai,” ujar Boediarso kepada rilis.id, di Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Menurutnya, untuk meningkatkan kapasitas SDM bagi pengelolaan keuangan daerah di dua daerah tersebut, pada tahun 2017 pihaknya telah melakukan capacity building melalui bimbingan teknis (bimtek).

“Ini kita lakukan kepada 153 orang pejabat/pegawai pemda di 4 provinsi yang ada di Maluku dan Papua,” ujarnya.

Rincian dari total pejabat dan pegawai tersebut, lanjutnya, sebanyak 112 orang dari 27 daerah di provinsi Papua dan Papua Barat. Lalu ada 41 orang dari 10 daerah di provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Boediarso menekankan, polah pengembangan SDM yang seperti itu, akan dilakukan lagi pada tahun 2018. Bimtek yang akan dilakukan akan lebih luas lagi cakupannya dan lebih banyak lagi pesertanya.

“Bimtek tersebut akan dilakukan kembali pada tahun 2018, terutama bagi daerah-daerah, termasuk kabupaten/kota dari keempat provinsi di Maluku dan Papua yang belum mengikuti bimtek pada tahun 2017,” pungkasnya.

 

sumber : http://rilis.id/pemerintah-tingkatkan-sdm-pengelola-keuangan-daerah-di-maluku-dan-papua.html